Headline

Disnakertrans Provinsi Lampung Menemukan Dugaan Kelalaian SOP Masalah K3 PT.San Xiong Steel Indonesia

 

www.Cakrawalatv.com

LAMPUNG — Pemeriksaan Keselamatan, Kesehatan dan Keamanan Kerja (K3) PT. San Xiong Steel Indonesia yang dilakukan Pengawas Disnakertrans Provinsi Lampung, telah mendapatkan titik temu. Sebelumnya gencar di beritakan media online dan media cetak tentang adanya Kecelakaan Kerja yang menimpa Idris beberapa minggu lalu, yang akhirnya berbuntut pada pemeriksaan terkait dugaan kelalaian K3 perusahaan tersebut.

 

 

Berdasarkan penelusuran awak media, adi (Pengawas) mengatakan, pihak perusahaan sudah kami panggil dan yang datang Hendra selaku Wakil Manager dan Lin Ligui Tenaga Kerja Asing (TKA) selaku Kepala Pabrik, kami sudah meminta komitmen mereka,(1) minta di rubah / diperbaiki SOP, (2) membentuk Panitia Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja (P2K3) terdiri dari Pimpinan tertinggi sampai orang produksi, (3) mengikuti latihan K3 untuk mendapatkan lisensi K3.

 

 

“Kami dari Dinas menganalisa, mereka lupa untuk mengecek tabung tersebut apakah masih ada isi atau tidak nya. Mereka harus nya menggembosi tabung yang masih ada isinya, sehingga tidak terjadi ledakan tersebut. Intinya temuan kami di sini ada SOP dari masalah K3 yang tidak di laksanakan,” Ujar adi di ruang kerja Kepala Seksi (Kasi) Pengawas yang di dampingi Agus Wahyudi (Kasi) Pengawas Disnakertrans Provinsi Lampung, Selasa (06/07/21).

 

 

Lanjut adi, ada empat orang yang menangani pengawasan yaitu: Agus Wahyudi, Sugiarto, Alwan dan Adi Pranowo. Kami membuat laporan ke Kepala Dinas (Kadis) dan menerbitkan nota pemeriksaan, kita sebutkan itu point point nya yang harus di perbaiki, jika seandainya tidak di laksanakan oleh perusahaan ranahnya bisa ke penyidikan.

 

 

Adi menambahkan, Perusahan sebenarnya sudah mempunyai Alat Pelindung Diri (APD) berbentuk pakaian seperti Astronot itu, untuk di pembakaran / peleburan besi, cuma pekerja tidak mau memakainya dengan alasan tidak nyaman.

(kurdi/Tiem).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *