Headline

Vaksinasi massal Masyarakat Bukit Kerikil Diadakan Tim Vasinator UPT pkm puskesmas Tenggayun Kecamatan Bandar Laksamana

 

 

Bengkalis 06 Juli 2021

Cakawala tv News. Com- Kembali, Tim Gugus Tugas Anti Covid-19 Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis dalam hal ini tim Vaksinator UPT puskesmas Tenggayun yang Mengadakan Vaksinasi gratis dosis pertama gelombang kedua dan dosis kedua secara gratis untuk umum terutama masyarakat desa bukit kerikil.

 

Sesuai Surat Gubernur Riau kepada Bupati Bengkalis, no: 440/Dinkes 3.1/1269, tanggal 15 Mei 2021, berupa arahan Gubri kepada Bupati se Provinsi Riau, berupa pelaksanaan Vaksinasi Anti Covid-19 Lansia dan masyarakat umum, serta Peraturan,dan guru pebdidik Presiden (Perpres) no: 14 tahun 2021 tentang kewajiban warga negara untuk mengikuti Vaksinasi.

 

Dari hasil wawancara tim cakrawala kepada ketua tim vasinator kecamatan yaitu. Ners Hotlan Junienty Siregar, S.Kep bahwa vaksin yg diberikan ini adalah jenis corona vak dan sinovak, pemberian vaksin ini tim vaksinator telah bekerja sama dengan BPJS dan Dinas kesehatan terkait serta antar sektor camat dan polres Bengkalis.

 

Dalam pemberian vaksin ini ada sekitar 200 sasaran untuk dosis pertama dan telah sekitar 120 orang yang sudah melaksanakan vaksin yang dilaksanakan bulan lalu, Bulan ini sisa 80 orang untuk dosis pertama gelombang kedua dan sekalian pemberian untuk dosis ke dua bagi yang telah mendapatkan dosis pertama bulan lalu.

 

Pada saat tim gugus mendatangi masyarakat desa bukit kerikil di halaman kantor kepala desa bukit kerikil, mereka sangat berantusias untuk mendapatkan vaksin ini apalagi dari kalangan pendidik yang paling berantusias karena dengan kedatangan tim gugus ini sangat membantu mereka sehingga tak perlu mereka ke kecamatan untuk mendapatkan suntikan vaksin karena jarak yang jauh dr desa bukit kerikil ke puskesmas tenggayun sehingga tim gugus turun langsung ke bukit kerikil alias menjemput bola demi terlaksananya pemberian suntikan vaksin Sinovak ini.

pemberian Vaksin dosis kedua ini juga diprioritaskan pada masyarakat dan remaja berumur 12 sampai 17 tahun.

 

untuk mendapatkan suntikan Vaksin ini, masyarakat cukup membawa KTP dan nomor handphone, KTP digunakan untuk pengambilan nomor NIK dan nomor hp digunakan untuk pengiriman sertifikat Vaksinasi melalui sms. Awalnya masyarakat harus mendaftarkan diri di meja pendaftaran kemudian lanjut ke meja selanjutnya yaitu meja screening, di meja ini tim medis akan mengecek suhu dan tekanan darah serta menanyakan beberapa pertanyaan seputar penyakit yang dialami seseorang sebelum mendapat suntikan Vaksin, setelah kondisi baik maka lanjut ke meja berikutnya yaitu meja layanan Injeksi Vaksin Sinovak, di sinilah masyarakat akan mendapat suntikan. setelah mendapat suntikan, masyarakat belum boleh meninggalkan ruangan karena harus di observasi sekitar 30 menit oleh tim medis mengantisipasi jika ada keluhan, setelah 30 menit dirasa aman maka masyarakat diperbolehkan pulang dengan membawa kartu Vaksin.

 

Harapan dari ketua tim gugus dan kepala Desa Bukit kerikil adalah dengan adanya vaksinasi ini, diharapkan pandemi ini bisa hilang dan berkurangnya jumlah penderita covid 19 serta tidak adanya lagi isu-isu miring tentang covid ini,

dan jika ada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin ini dikarenakan tak tercukupinya vaksin maka bisa juga mendatangi langsung puskesmas tenggayun selagi masih tersedianya vaksin “Ucap ketua tim gugus ” kepada tim Cakrawala tv.

 

Awak media cakrawala tv juga wawancara langsung salah seorang warga yang telah selesai mendapatkan suntikan vaksin, beliau menuturkan selsesai mendapatkan suntikan ternyata tidak terasa sakit namun hanya terasa agak pegal sedikit dibagian lengan yang disuntik vaksin, beliau juga sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tim gugus yang telah mau mendatangi langsung ke bukit kerikil sehingga besar harapan masyarakat disini agar pandemi ini segera hilang dan kita semua bisa sehat dan bisa terhindar dari virus yang mematikan ini.

 

Penulis : Amirudin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *