DPP LBM WI Menyelenggarakan Launching Program Literasi Digital & Legalitas NIB Bagi Pelaku Usaha Dalam Rangka 1 Thn LBM WI & 76 Thn Kemerdekaan RI

 

Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Barisan Muda Wirausaha Indonesia mengadakan Webinar, senin kemarin (30/08) dalam rangka HUT LBM WI yang ke-1 tahun dan HUT Kemerdekan RI ke-76 tahun bertajuk dengan tema “Launching Program Tranformasi Digital dan Legalitas Melalui LBM Wirausaha Indonesia, gerakan 10 Juta NIB dan E-learning UMKM se-Indonesia”, 2021.

 

Pada webinar kali ini, dipandu oleh Ibu Peni Ketua 3 DPW LBM Jawa Timur dan Ns. Zulkarnain, Sekjen DPP LBM WI. Dengan menghadirkan Keynote Speakers Bpk Johny Gerard Plate, Menteri Kominfo, Bpk Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bpk Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Bpk Teten Masduki, Menteri Koperasi & UKM, Bpk Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan, Samsul Hidayah, Ketua Umum DPP LBM WI, Ibu Karlina Sukarman, Wakil Ketua Umum DPP LBM WI, Teguh Anantawikrama, Ketua Gerakan Nasional UMKM bangkit, Ibu Ari Pristiana Dewi, Bendahara Umum DPP LBM WI, bpk Ari Prabowo, Ketua Bidang Kewirausahaan & Kemitraan DPP LBM WI.

 

Dan pihak yang turut membantu mensukseskan dan partisipasi kegiatan ini kepada LBM WI atau yang dikenal dengan Lembaga Barisan Muda Wirausaha Indonesia di 34 provinsi, 200 Kabupaten/Kota, 165 cabang luar negara, Instansi pemerintah, Kita Center, Garda Transfumi, Milenial Bojonegoro, Laili Waiteu, Portal Surabaya, Zona Community, Kopi Gaya, Kaji Indonesia, Baga Buatan Indonesia, Indosal, Kompak Indonesia dan Sahabat Berbagi, Yatim Mandiri, Geber UMKM, para pelaku UKM.

 

Webiner ini menarik antusiasme pelaku UMKM, karena dihadiri bukan hanya dari kalangan pelaku ekonomi kreatif tetapi juga dihadiri masyarakat umum, akademisi, pelaku usaha pariwisata dan media.

 

Webinar diawali dengan pembukaan oleh MC, Ibu Peni dengan sebuah pantun menyambut para Keynote speaker, Narasumber dan semua peserta Webinar kali ini.

 

Sambutan yang disampaikan oleh Wakil Ketua 3 DPP LBM Wirausaha Indonesia, Ibu Karlina Sukarman menyatakan bahwa LBM Wirausaha Indonesia dengan jejaring yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri akan bersinergi dan berkolaborasi dalam hal pemberdayaan pelaku UKM dengan pemerintah. Mengembangkan inovasi dalam mendukung kemajuan UMKM.

 

Ketua Umum DPP LBM Wirausaha Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Launching Transformasi Digital dan Legalitas Usaha melalui LBM Wirausaha Indonesia, Gerakan 10 Juta NIB dan E-learning UMKM ini merupakan kerja nyata dari LBM Wirausaha Indonesia dalam bentuk pendampingan pada pelaku UMKM tanpa dipungut biaya. Dan akan tetap bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah dan organisasi lain dalam setiap kegiatannya.

 

Keynote Speakers Bpk Sandiaga Salahudin Uno Kemenparekraf RI sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Barisan Muda Wirausaha Indonesia dalam mendukung pelaku UKM, karena LBM Wirausaha Indonesia memiliki jaringan yang luas di dalam dan di luar negeri.

 

“Lanjutanya. Gerakan 10 Juta NIB dan E-learning UMKM sangat tepat untuk dilakukan dalam mendukung transformasi usaha mikro di tanah air. Bapak Sandiaga Uno sangat berharap LBM Wirausaha Indonesia terus menciptakan kegiatan inovatif dan adaptif yang dapat disinergikan dengan Pemerintah dalam upaya membangun Indonesia menjadi tangguh, Indonesia tumbuh. Semoga makin membawa manfaat positif bagi Indonesia, makin sukses dengan makin bertambahnya usia LBM Wirausaha Indonesia”, ujarnya.

 

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Bpk Bahlil Lahadalia, diwakili oleh Bpk. M. Pradana Indraputra Staf Khusus Peningkatan Pengusaha Nasional menyampaikan bahwa saat yang tepat untuk Launching Transformasi Digital dan Legalitas Usaha melalui LBM Wirausaha Indonesia, Gerakan 10 Juta NIB dan E-learning UMKM.

 

“Lanjutannya, Karena dari 64 juta UMKM yang ada di seluruh Indonesia, baru 4% yang sudah memiliki NIB. Diharapkan kegiatan ini segera ditindaklanjuti untuk mendukung program pemerintah dalam memberikan berbagai kemudahan bagi UMKM. Bagaimana pelaku UMKM mau mengurus NIB untuk mendapatkan legalitas usahanya masih perlu didorong dan difasilitasi. Seiring dengan fokus BKPM dalam Peningkatan Daya Saing K-UMKM adalah perijinan berusaha dan insentif bagi K-UMKM dan kemitraan K-UMKM”,ujarnya.

Keynote Speakers Bpk Teten Masduki, Menteri Koperasi & UKM di wakili Ir. Siti Azizah, MAB Deputih Bidang Kewirausahan KemenkopUKM menyatakan bahwa bonus demografi indonesia, bahwa jumlah usia produktif/ pemuda lebih banyak. Bonus ini hendaknya dimanfaatkan dengan menjadikan pemuda lebih produktif dan inovatif dengan mengambil peluang sebagai wirausaha.

 

“Lanjutannya. Berdasarkan survey, pemuda Indonesia adalah yang paling banyak berkeinginan menjadi wirausahawan sehingga menjadikan Indonesia negara terbanyak yang memiliki wirausaha muda. Kementrian Koperasi dan UMKM mendorong pelaku UMKM dalam hal legalisasi usaha dan dalam pelatihan literasi digital sehingga menjadi UMKM digital. Diharapkan LBM Wirausaha Indonesia tetap bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM karena kegiatan Webinar ini sejalan dengan program Kementerian sehingga mempercepat target UMKM onboarding dan dapat menjadi momen kebangkitan UMKM Indonesia dan akselerasi ekonomi nasional”, ujarnya.

 

Launching Transformasi Digital dan Legalitas Usaha melalui LBM Wirausaha Indonesia, Gerakan 10 Juta NIB dan E-learning UMKM dipandu oleh Ibu Bendahara Umum DPP LBM Wirausaha Indonesia

 

Ronny wahyono, Ketua DPRD Kab. Pacitan menyampaikan ucapan selamat atas dilaunchingnya Transformasi Digital dan Legalitas Usaha melalui LBM Wirausaha Indonesia, Gerakan 10 Juta NIB dan E-learning UMKM, dengan harapan bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam program peningkatan kualitas dan legalitas UMKM dan Pariwisata di era digital

Teguh Anantawikrama, Ketua Gerakan Nasional UMKM bangkit menyampaikan tip dan triks pendampingan bagi pengusaha dalam menghadapi pandemi.

 

“Lanjutanya. Menciptakan ekosistem yang mendukung pemasaran UMKM, misal ekosistem kopi dan kuliner. Meningkatkan program pemberdayaan bagi UMKM. Bersepakat untuk saling membantu (Prinsip The Power of Receh) Gerakan membeli produk milik teman sendiri”, ujarnya.

 

Ibu Ari Pristiana Dewi, Bendahara Umum DPP LBM WI sebagai pemateri selanjutnya menyampaikan bahwa dalam dunia kewirausahaan tak terlepas adanya presentasi bisnis yang memerlukan kemampuan Public Speaking.

 

“Lanjutanya. Dimana public speaking adalah sebuah aksi, seni, atau sebuah proses menyampaikan materi secara efektif di depan para pendengar ,To inform (bisnis yang dijalani dalam tim), To persuade (promosi kepada konsumen) karena 70% aktivitas manusia adalah berkomunikasi. Agar diperoleh komunikasi efektif perlu dilatih, dan tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti pelatihan lembaga yang terkemuka”,ujarnya.

 

 

Bpk Ari Prabowo, Ketua Bidang Kewirausahaan & Kemitraan DPP LBM WI sebagai narasumber terakhir menyampaikan materi cakap berwirausaha dengan hidup produktif di era digital.

 

“Lanjutanya. Sebagai wirausaha tidak terlepas dari definisi ulet, kreatif, inovatif dan berkelanjutan. Diharapkan dengan makin berkembangnya mindset kewirausahaan akan tumbuh banyak entepreneur baru yang kuat dengan kepemilikan legalitas usaha dan kemampuan mengikuti dan memanfaatkan perkembangan era transformasi digital”,ujarnya.

 

Kegiatan webinar ini ditutup dengan sesi foto bersama ratusan peserta dan pengumuman pemenang hadiah dari sponsor pendukung acara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *