TEKAN ANGKA STUNTING BABINSA TERJUN LANGSUNG MELAKSANAKAN PENDAMPINGAN. | CAKRAWALA TV
22 Juli 2024

www.Cakrawalatv.com

Gedong Tataan,–Bintara Pembina Desa (Babinsa) 421-02/Gdt Kodim 0421/Ls Serma Bambang membantu kegiatan posyandu dalam rangka mendukung program pemerintah guna menciptakan generasi Emas Indonesia, dan membuktikan komitmennya untuk setia dan turut serta membantu masyarakat didesa tempat mereka bertugas bertempat di Desa Sukaraja kecamatan Gendong Tataan Kabupaten Pesawaran, Kamis (09/03/2023)

Stunting dapat terjadi karena kekurangan gizi pada masa kehamilan hingga anak usia dua tahun. Namun, terjadinya stunting erat juga kaitannya dengan masa kehamilan dini atau usia remaja. Kita lihat pada masa sekarang banyak kasus pernikahan dini atau pun faktor lain misal faktor ekonomi, maupun faktor perjodohan.

Terkait masalah tersebut Babinsa selaku ujung tombak prajurit teritorial TNI AD sesuai perintah dan kebijakan Komando Atas secara langsung terjun ke tengah masyarakat guna memberikan pendampingan dan penyuluhan tentang program pemerintah guna menekan angka Stunting tsb.

Serma Bambang Babinsa desa Sukaraja Koramil 421-02/Gedong Tataan berkolaborasi dengan bidan desa dan kader posyandu desa Sukaraja melaksanakan kegiatan pengukuran tinggi dan berat badan serta pemberian gizi dan vitamin tambahan kepada anak yang terdampak stunting dan kekurangan gizi.

Mewakili Danramil 02/Gdt Kpt inf Sukandi, Serma Bambang menyampaikan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan di dusun 3 desa Sukaraja dimaksud untuk melakukan pendataan dan memberikan edukasi kepada para ibu khususnya ibu muda tentang pentingnya mencukupi gizi pada anak usia dini sebagai tahap awal tumbuh kembang anak, karena dengan terganggunya pertumbuhan anak pada masa awal bisa menyebabkan anak tersebut akan tumbuh kerdil atau paling tidak akan lebih kecil dibanding dengan anak sesusianya yang tumbuh normal, “Jelas Bambang.

Selain itu kita juga berusaha menggugah agar para ibu muda atau calon ibu agar tidak malas memeriksakan kandungannya di fasilitas kesehatan yang ada atau dapat berkonsultasi dengan bidan desa, sehingga kandungan dan anak yang dilahirkan nanti sehat dan dapat terhidar dari Stunting. Tutup Babinsa.

Bidan Desa Ibu Rahma Mustika, A.Md, mengatakan bahwa, “Kegiatan Babinsa dalam melaksanakan pendampingan Posyandu di wilayah guna penurunan stunting di Wilayah Koramil 421-02/Gdt Kodim 0421/Ls sangat positif karena bisa mengajak dan menghimbau masyarakat yang mempunyai Balita untuk dapat melaksanakan penimbangan bayinya sehingga perkembangan kesehatan bayi setiap bulannya bisa terpantau,” tutupnya. (Kurdi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *