Peduli Lingkungan Hidup; Kodim 0421/LS Gelar Program Penanaman Mangrove di Pantai Keramat Desa Suak | CAKRAWALA TV
20 Juni 2024

👉www.Cakrawalatv.com

LAMPUNG SELATAN,–Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup, Kodim 0421/LS menggelar kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup melalui penanaman bibit mangrove dengan tema “Kebersamaan Dalam Menjaga Peningkatan Kualitas Hidup” yang berlangsung di Pantai Keramat Desa Suak Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Kamis,(21/09/2023).

Salah satu tujuan penanaman Mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan. Karena tumbuhan Mangrove merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk Tsunami. Oleh karena itu, manfaat penanaman Mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya abrasi.

Menurut Komandan Kodim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin S.I.P.,M.Si., penanaman pohon Mangrove juga sebagai bentuk pola pembangunan lingkungan hidup di wilayah secara terencana. selain bermanfaat untuk mengurangi abrasi dapat melindungi ekosistem yang ada di dalamnya, sehingga berdampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya.

“Ini sebagai langkah awal kepedulian kita bersama, dalam membantu Pemerintah Daerah dalam melestarikan lingkungan hidup.Agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat untuk generasi mendatang,”Pungkas Dandim.

Lebih dari itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, dengan ikut serta menjaga dan merawat tanaman Mangrove yang sudah di tanam dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, sehingga dampaknya akan menimbulkan kerusakan.

“Setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya, sehingga lingkungan tersebut pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua, Kalau bukan kita yang merawatnya siapa lagi, Kalau bukan sekarang kapan lagi , dan kalau gak disini ya dimana lagi kita bisa berbuat,”tutup Dandim. (Kurdi-Ctv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *