Kabupaten Tanggamus Tampilkan Tarian “Khaja Baniting Adat Budaya Lampung Dalam Acara Pekan Raya Lampung Di Pekor Way Halim

👉www.Cakrawalatv.com

TANGGAMUS,– Kabupaten Tanggamus Menampilkan Tarian Kahaja Baniting di sanggar Artcom Debingi Siswa SMAN. 1 Kota agung  acara Malam Kebudayaan Pekan Raya Lampung, bawah pimpinan Ratna uli S.Pd. M.Pd. menampilkan tari tarian adad budaya Lampung.

Kabupaten Tanggamus Melalui Sanggar Artcom Debingi SMA N 1 Kota agung Kabupaten Tanggamus Mengisi acara Malam kebudayaan Pekan Raya Lampung di PKOR Way Halim Bandar Lampung Jum’at,(07/10/2022). 

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kadis Kominfo Suhartono dan Kadis pendidikan Yadi Mulyadi.

Kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah SMAN 1 Kotaagung Kabupaten Tanggamus (Ekstrakurikuler) seni the art community Debingi dibawah binaan ibu Ratna Uli S.Pd, M.Pd menampilkan tarian Khaja Baniting dan beberapa lagu lagu daerah lampung.

Saat di Wawancarai Via HP Koko selaku Pembina Ekskul Sanggar Artcom Debingi SMAN.1 Kotaagung Menjelaskan “Penampilan kebudayaan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus.

Lewat sebuah Tarian “Khaja Baniting” yang menceritakan tentang keperkasaan seorang Raja di Kabupaten Tanggamus, Dia bisa berubah wujud Nya menjadi se ekor Harimau, akan tetapi banyak nya Harimau di daerah Kabupaten Tanggamus, khaja baniting memberi tanda sebuah Ikat pinggang berwarna Putih menjadi Ciri khas Nya tersendiri,” sambung koko.

“Mudah – mudahan Melalui Tari-tarian kita bisa mengenalkan Sejarah dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus, ke generasi Muda yang bisa dibilang Saat ini banyak yang kurang memahami Sejarah tentang Kebudayaan Kabupaten Tanggamus,”ujar Koko

Tarian Khaja Baniting ini Di bawakan oleh lima (5) orang penari yang terdiri dari tiga (3) Siswi, dua (2) Siswa dan 13 pemusik.

Selain Tarian, SMAN.1 Kota agung Kabupaten Tanggamus juga menampilkan lagu-lagu, Salah satunya lagu Indonesia Cahaya Indonesia yang di ciptakan oleh Bapak Drs. Hamid Heriansyah Lubis M.Si. yang merupakan Sekda kabupaten tanggamus.(Agus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *