Peringati Houl Radin Inten II Ke-167 Bupati Lamsel Berpesan Pada Generasi Penerus Jangan Lupa Sejarah

👉www.Cakrawalatv.com

KALIANDA, Diskominfo Lamsel,– Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan acara haul Pahlawan Nasional Radin Inten II ke- 167 yang bertempat di GOR Way Handak Kabupaten Lampung Selatan, Senin,(20/11/2023). 

Acara peringatan haul yang mengangkat tema “dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan, mari lestarikan tradisi dan budaya daerah di era moderenisasi saat ini” di hadiri oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang didampingi oleh Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa serta jajaran Forkompinda Kabupaten Lampung Selatan.

Selain itu, hadir pula ahli waris dari pihak Radin Inten II Budiman Yakub gelar Raden Kesuma Yudha, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto serta Ketua Dewan Wanita Persatuan Yani Thamrin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, M. Darmawan dalam laporan menjelaskan, acara haul Pahlawan Radin Inten II ini diselenggarakan untuk memupuk dan menanamkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa persatuan, kesatuan serta solidaritas antar masyarakat Lampung khususnya masyarakat Lampung Selatan.

“Dan diharapkan masyarakat lebih mencintai dan menghargai jasa para pahlawannya, serta sebagai salah satu upaya melestarikan seni budaya di Lampung Selatan,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan, dengan jiwa kepahlawanan Radin Inten II yang harus kita wariskan kepada generasi-generasi saat ini yang penuh dengan tantangan yang luar biasa di era globalisasi ini.

“Mudah-mudahan suri tauladan pahlawan-pahlawan pejuang bangsa, kita akan meniru dan meneruskan yang apa harus kita lakukan untuk bangsa dan negara yaitu kecerdasan dan menyejahterakan rakyat Indonesia khususnya Kabupaten Lampung Selatan,” ucapnya.

H. Nanang Ermanto juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran mulai dari tingkat desa hingga Kabupaten dan Forkompinda serta seluruh pelaku usaha dalam peran sertanya menyukseskan Ulang Tahun Kabupaten Lampung Selatan ke – 67.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan, gotong serta persatuan dan kesatuan kita Lampung Selatan akan terus maju dan selalu terdepan dalam kepentingan rakyat dan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan,” ungkapnya.

Sementara, ahli waris dari pihak Radin Inten II Budiman Yakub gelar Raden Kesuma Yudha dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang sudah membuat kalender tahunan berupa haul Pahlawan Nasional Radin Inten II.

” mudah-mudahan kegiatan ini dapat dikembangkan di tahun 2024, karena kegiatan haul ini merupakan haul pengikat yang menjadikan kuat untuk Kabupaten Lampung Selatan, ” tandasnya.

Untuk diketahui, di acara haul Pahlawan Nasional Radin Inten II ini juga diselenggarakan acara lomba mewarnai dan melukis tingkat TK/Paud, Sekolah Dasar (SD) serta Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan. (lmhr/kurdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *