Puluhan Buruh Bongkar Muat Dari Berbagai Elemen Demo PT.Tirta Investama TBK AQUA Factory Teba Tanggamus

👉www.Cakrawalatv.com

TANGGAMUS,-Puluhan masa terdiri dari masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tenaga Kerja Bongkar Muat Tanggamus (TKBMT) melakukan demo di depan Pabrik PT. Tirta Investama, Tbk. Produsen air mineral merek AQUA pabrik yang berlokasi di Pekon Teba Kecamatan Kota Agung. Kamis,(23/11/2023).

Puluhan massa buruh bongkar muat dimulai jam 09.00 WIB, massa aksi membelok pintu masuk pabrik PT. Tirta Investama (Produsen AQUA). Massa aksi yang menamakan diri Tenaga Kerja Bongkar Muat Tanggamus(TKBM) yang di dampingi oleh Yayasan Penelitian Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat (YPPKM). GMBI

Aksi demo kondusif karena di kawal di jaga ketat oleh pihak kepolisian Polres Tanggamus, terlihat polisi menjaga demo buruh yang sebanyak 60 orang buruh.

Dalam orasinya Adi Putra Amril, S.H. ketua YPPKM menyampaikan aksi demo hari ini adalah aksi demo damai yang dilakukan buruh bongkar muat yang ada didalam Pabrik PT. Tirta Investama di Pekon teba. Demo yang dilakukan adalah bentuk kekecewaan buruh bongkar muat karena vendor ekspedisi/distributor tidak memberikan kepastian perjanjian kontrak kerja dan adanya campur tangan Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) Pekon Teba untuk mengambil alih pengelolaan masalah tenaga kerja bongkar muat.

Adi Putra Amril menyampaikan bahwa upaya mediasi sudah dilakukan, bahkan rekan-rekan buruh melakukan hearing atau audiensi dengan DPRD Kabupaten Tanggamus pada tanggal 06 September 2023. Tapi isi perjanjian atau kesepakatan yang ditandatangani oleh Kurnain, S.IP. wakil ketua III DPRD Tanggamus, Iswandi, SPM. dari Dinas Nakertrans Tanggamus, Radhitya Putra P. Perwakilan PT. Tirta Investama Pabrik Teba, Deni Apriansyah Distributor/Vendor PT. Bintang Suryasindo, Feriandi Gultom Deni Apriansyah Distributor/Vendor PT. Semangat Gembira Bersama, Rahmat TW, AMD. Deni Apriansyah Distributor/Vendor PT. WINEX, dan Zulyadi Ketua TKBM.

Tapi apa yang terjadi surat kesepakatan di DPRD Tanggamus pada tanggal 06 September 2023 sampai aksi demo dilakukan belum terealisasi, bahkan ada indikasi vendor/distributor melakukan kontrak kerja dengan BUMDes Pekon Teba secara diam-diam, hal tersebut sudah mencederai surat kesepakatan tersebut. Jadi jangan salahkan kami dan masyarakat akan demo lagi yang lebih banyak massa aksinya. Pungkas Adi Putra Amril

Zulyadi selaku Ketua TKBM dalam orasinya meminta kepada PT. Tirta Investama mendorong vendor/distributor untuk memperpanjang kontrak dengan TKBM, dan menolak campur tangan BUMDes dalam masalah tenaga kerja bongkar muat.

Pihak PT. Tirta Investama Pabrik Pekon Teba menemui massa aksi pada pukul 13.00 WIB, Agung selaku Kepala Pabrik menemui massa aksi di dampingi Manaf dan Raditya bagian public relation. Agung berjanji untuk mempertemukan perwakilan Buruh Bongkar Muat dengan vendor ekspedisi/distributor yang mengangkut produk AQUA pada tanggal 2 Desember 2023.

Zulyadi menekankan kepada manajemen pabrik PT. Tirta Investama pabrik Pekon Teba apabila tanggal 02 Desember 2023 tidak ada titik temu dan tuntutan tidak dipenuhi, maka buruh bongkar akan menggelar aksi demo kembali dengan massa aksi yang lebih banyak. (Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *