Bupati Pasaman Sabar As Hadiri Acara Musrenbang Kecamatan Panti

 

Pasaman,Cakrawala TV, Bupati Pasaman Bapak Sabar As hadiri dan buka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Panti, Senin (19/2/2024).

 

Turut hadir mendampingi Bupati Pasaman Sabar As dalam musrenbang yang dilanjutkan dengan kunjungan kerja (kunker) serta silahturahmi dengan masyarakat Kecamatan Panti,” katanya .

 

Bupati Pasaman Sabar AS, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala SKPD dan beberapa Pejabat Pemkab Pasaman.

 

Kedatangan Bupati Pasaman Sabar As dan rombongan disambut oleh Camat, Anggota Forkopinca, Walinagari, Bamus, Tokoh masyarakat, agama, tokoh adat dan tokoh pemuda Kecamatan Panti.

 

Camat Panti Refrizal, SH pada sambutannnya mengatakan, musrenbang ini diikuti oleh 4 pemerintahan nagari yakni Nagari Panti, Panti Timur, Panti Selatan dan Nagari Persiapan Panti Utara, Polri , TNI Korwil Pendidikan, Korwil BBI, Kowil Irigasi, Korwil Pengendalian Kependudukan, Pimpinan Puskesmas, Kepala KUA,Jorong Se kecamatan Panti serta unsur masyarakat di Kecamatan Panti.

 

Ia juga memaparkan gambaran umum wilayah kecamatan Panti serta program dan kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan di kecamatan Panti, serta menyampaikan prioritas program dan kegiatan tahun 2024 yang akan datang.

 

Dikesempatan yang sama, kepala Bappeda, Choiruddin Batubara, SE, MM memaparkan dan menjelaskan bahwa musrenbang Kabupaten/kota di Kecamatan sebagaimana yang dilaksanakan ini merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan nagari dilingkup kecamatan sebagaimana amanat Permendagri Pasal 94 nomor 86 Tahun 2017.

 

“Jadi kegiatan musrenbang yang dilaksanakan sekarang ini adalah melakukan penajaman, penyelelarasan dan klarifikasi sehingga tercapai kesepakatan terhadap rencana kerja pembangunan daerah yang telah dirumuskan menjadi rencana strategis pemerintah daerah pada aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD)”, tutur Choiruddin.

 

Sementara itu, Bupati Pasaman Sabar As mengatakan, kegiatan musrenbang mempunyai arti penting dalam pembangunan daerah, karena musrenbang ini dilaksanakan untuk bermusyawarah merumuskan program untuk tahun berikutnya yang diselenggarakan sebagai tahapan pembangunan diseluruh wilayah.

 

Kata Bupati Pasaman AS, bahwa setiap usulan pembangunan mulai tingkat nagari harus melalui mekanisme sehingga usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat bisa terakomodir dengan baik.

 

Pada setiap tahunnya selalu dilaksanakan di awal tahun, maka tahapan mekanismenya harus dimulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga kabupaten dan akan dilanjutkan perumusan melalui forum SKPD dan diteruskan untuk diperjuangkan pada musrenbang di Tingkat Provinsi dan Nasional.

 

Program dan kegiatan yang prioritas menurut Bupati Pasaman Sabar As adalah program dan kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan itu harus menjadi perhatian dalam musrenbang yang merumuskan program dan kegiatan.

 

“Jadi, untuk itu, kita harus lebih serius menyepakati apa sebenarnya prioritas pembangunan yang menjadi kebutuhan masyarakat, bukan pembangunan yang menjadi daftar keinginan segelintir individu atau kelompok tertentu”, tegas Bupati Sabar As .

Setelah membuka acara musrenbang, kegiatan Bupati Pasaman Sabar As dilanjutkan dengan silaturahmi dengan masyarakat di kecamatan tersebut (Amsar Harahap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *