Bhabinkamtibmas dan Babinsa kawal Ribuan warga Jatiranggon Pawai Obor menyambut Bulan suci Ramadhan 1445 H

 

 

Kota Bekasi, -Ribuan warga masyarakat Jatiranggon mengikuti pawai obor menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah. Selesai menunaikan Shalat Isya, peserta pawai berbaris sambil memegang obor dan berjalan kaki, (09/03/2024).

 

Rute pawai obor dimulai dari Masjid Al Fajri, jalan rawa macan dan melewati jalan raya Mes Al, jalan Raya Pabuaran hingga finish di Mesjid Baitul makmur.

 

Kegiatan ini mendapat pengamanan dari Aiptu Henry Marpaung selaku Bhabinkamtibmas, Sertu Haris Mony, Serda Iwan selaku Babinsa dan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara sub sektor Jatiranggon, guna memastikan kelancaran dan keamanan selama berlangsungnya acara.

 

H.M.Yusuf, S.Ag selaku tokoh agama yang menyempatkan waktunya diwawancarai media di lapangan menyampaikan Pawai Obor Tarhib Ramadhan terinspirasi dari kebiasaan orang-orang tua kita dahulu yang setiap menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan mereka membuat obor yang di pasang disetiap sudut jalan atau perempatan jalan di kampung-kampung.

 

Tujuannya untuk penerangan jalan sebagai bentuk kegembiraan menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan. Karena saat itu belum ada listrik.

 

Seiring berjalannya waktu kebiasaan tersebut lama-lama pudar bahkan hampir dilupakan oleh generasi yang sekarang, mereka hanya kumpul-kumpul dan

nongrong yang tidak mempunyai arah dan tujuan, bahkan sering berbuat negative.

 

Melihat keadaan yang demikian maka kami (M. YUSUF, HM. YUNUS dan RAYA) ketika itu berembug bagaimana caranya agar kebiasaan orang-orang tua dahulu itu bisa dilakukan lagi.

 

Maka sekitar tahun 2006/2007 kami mencoba mengadakan giat pawai obor dalam ruang lingkup yang sangat kecil mengerahkan anak-anak dan remaja. Alhamdulillah giat tersebut mendapat respon yang positif dari warga masyarakat.

Maka disekitar tahun 2007 kami bermusyawarah membentuk suatu wadah kegiatan yang diberi nama Forum Bina Masjid, musholla dan Majelis Ta’lim yang disingkat (FBM3T ). Dengan dibentuknya Forum ini giat pawai obor tarhib Ramadhan semakin syi’ar dan meriah, dan tahun ini (2024) adalah giat Pawai Obor Tarhib Ramadhan yang ke 17.

 

Forum ini juga setiap tahun mengadakan santunan anak Yatim, Janda dan Dhu’afa, setia Bulan Muharram atau Tahun Baru Hijriyah kepada masyakat Kampung Pabuaran Kelurahan Jatiranggon Kecamatan Jatisampurna kota Bekasi.

 

KH Sudarmaji, M.Si selaku Ketua Forum Bina Masjid, musholla dan Majelis Ta’lim yang disingkat (FBM3T ) dan sekaligus ketua panitia mengatakan, pawai obor seperti ini rutin diadakan setiap jelang Ramadhan.

 

“Pawai obor ini tujuannya untuk menyambut bulan suci Ramadhan, seperti tahun-tahun sebelumnya. Biar anak-anak semangat untuk menyambut Ramadhan,”.

 

Para peserta pawai obor berjalan kaki memegang obor dengan riang gembira dan melantunkan bacaan ayat suci Al-Quran, ucapnya.

 

Kami panitia menyiapkan door prize kepada peserta pawai Obor menyambut bulan Ramadhan tahun ini, untuk memacu semangat masyarakat khususnya kaum ibu-ibu dan anak-anak, tuturnya.

 

H. Biarto selaku tokoh masyarakat kampung Pabuaran menyampaikan saya sudah umur 70 tahun dan cukup bangga, senang dalam kegiatan ini dan selalu ikut serta dalam pawai obor tahunan ini.

 

“Acara ini menjadi tradisi tahunan bagi kami warga kampung Pabuaran menjelang bulan puasa,” dan semoga anak cucu kami akan terus melestarikan dan melaksanakanya kelak, ucapnya.

 

Dari hasil pemantauan team media di lapangan diwilayah kelurahan Jatiranggon, pawai obor terdapat di RW 01, RW 03 dan RW 04 dan di ikuti lebih kurang 6.000 peserta, Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman.

 

H.M – kota Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *