Headline

PPDB SMKN-1 Merbau Mataram 2021

LAMPUNG SELATAN – Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri I Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan telah melasanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran (TP) 2021- 2022. Jadwal Pendaftaran PPDB secara Online dan Offline dimulai sejak hari Senin tanggal 14 Juni 2021.

 

Adapun jadwal PPDB SMK Negeri I Merbau Mataram, dimulai dengan Pendaftaran secara Online dan Offline tanggal 14 hingga 17 Juni 2021, Verifikasi berkas tanggal 14 -hingga 17 Juni 2021, Tes Wawancara tanggal 18 hingga 22 Juni 2021, Pengumuman Hasil Seleksi tanggal 23 Juni 2021 dan Pendaftaran Ulang tanggal 23 hingga 24 Juni 2021.Kepala Sekolah SMK Negeri I Merbau Mataram, Suratiman. S.Pd. sangat optimis bila pelaksanaan PPDB Tahun Pembelajaran (TP) 2021-2022 yang dimulai pada hari Senin 14 Juni 2021 ini akan mandapat siswa baru melibihi pada PPDB tahun sebelumnya.

 

“Pada saat PPDB tahun kemarin (2020.red) sekolah kita hanya mendapat siswa Peserta Didik Baru sebanyak 155 orang. Kalau dilihat dari antusias jumlah calon Peserta Didik Baru yang sudah mendaftar pada hari ini sebanyak 110 siswa, kita Optimis di tahun pembelajaran 2021-2022 ini bisa mencapai 180 siswa,” ungkap Suratiman kepada media cakrawala tv di ruang kerjanya pada Senin, (14/6).

 

Menurut Suratiman, PPDB di SMK Negeri I Merbau Mataram setiap tahunnya selalu ada peningkatan. Dikarenakan, niat siswa yang ingin melanjutkan sekolah di SMK Negeri I Merbau Mataram itu sangat tinggi. Itu semua dikarenakan jurusan yang ada di SMK Negeri I Merbau Mataram sangat berbeda dengan SMK lain, baik Negeri maupun swasta yang ada di sekitar Kecamatan Merbau Mataram dan Tanjung Bintang.

 

“Di sekolah kita ini ada tiga jurusan, yaitu jurusan Multimedia, jurusan Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) lalu jurusan Tehnik Instalasi Tenaga Listrik. Dari ketiga jenis jurusan itu, SMK di sekitar sini tidak ada yang sama. Apalagi untuk jurusan Tehnik Instalasi Tenaga Listrik, itu cuma ada tiga sekolah, yaitu sekolah kita, lalu di Kalianda dan satu lagi sekolah swasta,” jelasnya.

 

Suratiman mengungkapkan, SMK Negeri I Merbau Mataram berdiri pada tahun 2016. Dalam perjalanannya, berawal hanya memiliki siswa dua kelas, hingga setiap tahun pembelajaran berjalan, akhirnya di tahun 2020 SMK Negeri I Merbau Mataram sudah memiliki 12 kelas.

 

“Sekolah kita ini mulai tahun pertama hingga di tahun pembelajaran 2020 kemarin itu Trendnya selalu naik. Untuk PPDB tahun pembelajaran 2021-2022 ini kita sudah menyiapkan lima kelas, kalau target kita dalam PPDB ini tercapai bisa mendapat 180 siswa, berarti lima kelas itu bisa terisi dengan asumsi masing-masing kelas sebanyak 36 siswa, “Ungkapnya.

 

Untuk PPDB di SMK Negeri I Merbau Mataram, sambung Suratiman, itu calon PPDB tidak dibebankan biaya apapun.

 

“Pendaftaran hingga daftar ulang, siswa tidak tarik biaya, adapun masalah pakaian itu nanti di musyawarah oleh komite dengan wali murid. Yang jelas, kita benar-benar bersyukur karena sekarang di SMK Negeri I Merbau Mataram ini yang sebelumnya hanya memiliki dua orang guru berstatus PNS kini memiliki tujuh orang tenaga didik yang berstatus PNS,” ujar Suratiman.

 

“Alhamdulillah, PPDB yang dimulai hari ini berjalan normal dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, calon Peserta Didik Baru diharuskan memakai masker, melakukan tes suhu badan serta mencuci tangan di tempat yang sudah kita sediakan,” pungkasnya.

 

Dui Andi s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *