Silahturahmi Cangkrukan Ngaji Budaya Merajut Kebhinekaan | CAKRAWALA TV
20 Juni 2024

 

KOTA MALANG-Cakrawala TV

 

Tradisi Halal bihalal biasa dilakukan pasca lebaran, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi dengan saling memaafkan. Meski istilah Halal Bihalal diambil dari bahasa Arab , namun tradisi ini lahir dan berkembang di masyarakat Islam Indonesia.

 

Pada kesempatan kali ini , Komunitas Cangkruk’an Ngaji Budaya juga menyelenggarakan kegiatan silahturahmi bersama jajaran Pemkot Malang, Akademisi ,Aktivis , Budayawan , Tokoh lintas agama, maupun masyarakat, bertempat di PPIQ Darul Hidayah , Jl.Bareng Kartini , Gg 3 C, No.29, Kelurahan Kauman , Kecamatan Klojen , Kota Malang, Jumat, 13 Mei 2022.

 

Koordinator Cangkrukan Ngaji Budaya Gus Hisa Al Ayubbi menjelaskan terlebih dahulu tentang komunitasnya. Ia menyampaikan , pemahaman tentang budaya yakni mencari persamaan bukan perbedaan. Didalam wadah Cangkrukan Ngaji Budaya terdapat budayawan, akademis,dan aktivis . Setiap acara yang diselenggarakan selalu ada santunan anak yatim piatu.

 

“Menyatuni anak yatim pada dasarnya adalah semua amalan dan akhklak mulia di mata Allah SWT dan sesama manusia . Dengan melaksanakan amalan yang baik ini , maka seseorang akan menjadi manusia yang jauh lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain,”pungkasnya.

 

Lanjutnya, Tema besar Cangkrukan Ngaji Budaya intinya memanusiakan manusia. Dan sebelum bisa memanusiakan manusia , pihaknya mengajak memanusia kan dirinya masing masing. “Kita menata diri kita dulu, sehingga berakhlak baik. Kunci utama memanusiakan manusia, ” tutupnya.

 

Walikota Malang Drs.H.Sutiaji yang turut hadir dalam acara silahturahmi ini , sangat menyambut baik dan memberikan apresiasinya. Menurutnya kegiatan semacam ini sangat penting untuk tumbuh subur .

 

“Komunitas Cangkrukan Ngaji Budaya dapat merangkul semua golongan RAS , Suku, Agama. Kegiatan positif harus di viralkan , terlebih merajut kebhinekaan modal kekuatan kita bersama, sehingga terciptanya situasi aman, tentram kondusif pastinya tercipta. Program -progaram kegiatannya juga sangat membantu jajaran pemerintah daerah khususnya,”pungkasnya.

 

Serangkaian acara ditutup doa secara langsung oleh Sutiaji. Selanjutnya , pihaknya memberikan santunan secara simbolik kepada anak yatim.

 

Kegiatan silahturahmi Cangkrukan Ngaji Budaya sangat spesial dan istimewa karena dihadiri Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bayu Rekso Aji, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Suwarjana hingga Kepala Perumda Tugu Tirta Noor Mukhlas,Ketua DPD Perindo Kota Malang, Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Para Budayawan , Aktivis Akademisi , Organisasi Masyarakat , dan Masyarakat. (GD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *