Pandu Kusuma Dewangsa Hadiri Pameran dan Kontes Bonsai Di Kecamatan Sidomulyo | CAKRAWALA TV
21 Juli 2024

www.Cakrawalatv.com

SIDOMULYO- Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kusuma Dewangsa hadiri sekaligus membuka Event Pameran dan Kontes Bonsai yang di gelar oleh Bonsai Mania Sidomulyo dengan thema ” Hijaukan Bumiku” di Lapangan Sepak Bola Sidomulyo, Minggu (16/10/2022).

Disela-sela pameran Wakil Bupati Pandu Kusuma Dewangsa memberi apresiasi kepada panitia pelaksana, Menurutnya, pameran bonsai yang di gelar oleh BMS Sidomulyo tersebut diikuti peserta dari seluruh kabupaten yang ada di Propinsi Lampung, yang secara tidak langsung mengundang keakraban dan silaturrahmi antar pecinta Bonsai.

” Alhamdulillah pameran dan kontes Bonsai ini dapat mepersatukan hati para pencinta bonsai ditanah air, terutama di Propinsi Lampung terkhusus di Lampung Selatan”  jelasnya.

Lebih jauh, Pandu menjelaskan, bahwa tanaman bonsai adalah salah satu karya seni yang memiliki potensi besar dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. Tuturnya.

Menurutnya, keunikan dan karakteristik yang dimiliki tanaman bonsai dapat menghasilkan nilai tawar ekonomi yang besar dimasyarakat.

“Dengan adanya pameran dan kontes ini masyarakat bisa menuai potensi bonsai sebagai sumber-sumber pendapatan,”  ujar Pandu.

Pameran bonsai ini merupakan ide kreatif dari anggota komunitas Bonsai Mania Sidomulyo (BMS) yang di nakhodai oleh Achmad Johani, kami para pencinta Bonsai yang tergabung dalam Komunitas Bonsai Sidomulyo (BMS) mendorong mereka untuk berkembang sesuai minat dan bakatnya. Harapannya, kreatifitas yang lain bisa muncul dan tumbuh, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Bonsai penuh seni dan mengandung filosofi kehidupan, dari tanaman yang asalnya tidak berharga, dengan bekal ketekunan dan kerja keras bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

“Bisa kita lihat mulai dari akar, batang, dahan, ranting, serta daunnya bila dilihat begitu indah. Ide dasarnya adalah melihat pohon dari jarak jauh, dahan terbawah seharusnya lebih besar dan panjang dari dahan atasnya. Mengandung arti bahwa semakin ke atas semakin kecil dan mengerucut, mirip segitiga. Nilai dan harganya bonsai akan lebih prestisius bila pernah menjuarai sebuah kontes dan dipamerkan,” tandas Johani.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolsek Sidomulyo Iptu Ilham Effendi, Kepala Desa Sidorejo Sutiyanto, Para Ketua dan Anggota Komunitas Pecinta Bonsai Kabupaten se-Propinsi Lampung, (Kurdi/Zainal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *