Warga Dusun Damar Legak Bersama Pokja LSM-GMBI Sukabanjar: Swadaya  Bergotong Royong Cor Badan Jalan  | CAKRAWALA TV
22 Juli 2024

*Pokja LSM GMBI Sukabanjar Bersama Masyarakat: Swadaya Gotong Royong Cor Badan Jalan Tanjakan Dusun Damar Lega*

 

www.Cakrawalatv.com

SIDOMULYO,–Masyarakat bersama Pokja Sukabanjar Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GMBI KSM Sidomulyo Distrik Lampung Selatan secara gotong royong melakukan pengecoran badan jalan alternatif yang berdada di Dusun Damar Lega Desa Sukabanjar.

Pengecoran badan jalan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan yang menghubungkan dua desa yankin Desa Sukabanjar dengan Desa Banjar Suri sepanjang kurang lebih 20 meter ini menggunakan anggaran swadaya masyarakat.

Pelaksanaan pengecoran jalan diketahui karena kondisi jalan yang sejak dibangun dengan Underlagh itu sangat memprihatinkan jika musim hujan, sebab kondisi jalan menjadi licin dan sangat membahayakan penggunana jalan khususnya roda dua (motor_red), bahkan pernah ada korban dijalan tersebut.

Ketua Pokja Sukabanjar LSM GMBI KSM Sidomulyo Hendri mengatakan bahwa pengecoran badan jalan di RT/RW 04/03 Dusun Damar Legak Desa Sukabanjar sepanjang kurang lebih 20 meter hasil musyarawah dan swadaya masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini kami (LSM GMBI) bersama masyarakat melakukan pengecoran badan jalan alternatif yang menghubungkan dua desa, yakni Desa Sukabanjar dengan Desa Banjar Suri di RT/RW 04/03 Dusun Damar Legak ” ujar Hendri kepada media melalui telefon selulernya, Sabtu (11/3/2023).

Menurut dia, pengecoran jalan yang dilaksanakan karena masyarakat sangat tergugah dan prihatin melihat kondisi jalan yang hancur dan licin jika musim hujan, bahkan pernah ada korban terjatuh dilokasi tersebut.

“Jalan ini merupakan jalan alternatif masyarakat untuk roda perekonomian, karena jalan yang digunakan ini untuk membawa hasil bumi masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebelum dilakukan pengecoran, pihaknya bersama masyarakat, tokoh pemuda bekoordinasi dengan Apartur Desa Sukabajar jangan sampai masyarakat disalahkan setelah dicor.

“Alhamdulillah respon Kades dan Apartur desa menyambut baik, bahkan Mong Sarman anggota GMBI diberikan tanggung jawab dan dipercayakan masyarakat untuk mengkelola dana yang terkumpul untuk pengecoran jalan,” imbuhnya.

Untuk itu lanjut dia, pihaknya mewakili masyarakat Desa Sukabanjar mengharapkan ada perbaikan serta peningkatan badan jalan alternatif tersebut, sebab sejak dibangun jalan underlgah belum pernah dimuluskan baik lapen ataupun Hotmix.

“Harapan kami Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Dinas PUPR Lamsel dapat segera membangun jalan tersebut, sebab hampir setiap tahun jalan tersebut selalu kami usulkan, karena masyarakat sangat mendambakan jalan tersebut bagus dan mulus untuk memudahkan warga membawa hasil bumi,” harapannya.

Hal senada dikatakan Sunarto Tokoh Pemuda Dusun Damar Lega Desa Sukabanjar. Dimana kata Sunarto, bahwa sejak tahun 80 khususnta di Dusun Damar Lega belum pernah ada pembangunan jalan hotmit dari Pemerintah Kabupaten.

“Masyarakat Dusun damar Lega belum pernah sama sekali merasakan jalan aspal, seperti lapen dan hotmix dari tahun 80 an sampai sekarang. Bahka jalan tersebut sudah sering diajukan, namun hingga kini tidak ada realisasinya,” terang Sunarto.

Sementara itu, Kades Sukabanjar Muhsani sangat mendukung apa yang telah dilakukan masyarakat khususnya Dusun Damar Lega, sebab pengecoran jalan sangat didambakan masyarakat.

“Ya mendukung, harapan kami warga masyarakat Dusun Damar Lega khususnya desa Sukabanjar ini untuk kegiatan yang sangat positif ini, apalagi perbaiki jalan sifatnya hasil swadaya,” kata Kades.

Dilain sisi kata Muhsani, pihaknya berharap Kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dapat segea membangun jalan Kabupaten yang ada di Desanya.

“Harapan kami, Desa Sukabanjar ini perlu uluran tangan dari Pemerintah dan ada perhatian khususunya jalan yang ada. Katanya ini jalan Kabupaten tapi kenapa tidak dibangun-bangun, padahal ini jalan alternatif masyarakat membawa hasil bumi,” tutupnya. (Kurdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *