Tajam dan Menggugah: Laskar Lampung Kecam Kecurangan, Desak Diskualifikasi Caleg Demokrat dan PKS

šŸ‘‰www.Cakrawalatv.com

BANDAR LAMPUNG,-Panji Padang Ratu, Sekretaris Jendral Laskar Lampung, mengeluarkan pernyataan keras mengecam aksi kecurangan yang dilakukan dengan mencoblos kertas suara sebelum proses pencoblosan dimulai. Kejadian tersebut terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 Tanjung Seneng pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

*Menurut Panji, Laskar Lampung tidak akan tinggal diam dan akan mengawal proses penyelidikan kasus tersebut. Dalam pernyataannya, Panji meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk bersikap tegas dan segera mendiskualifikasi kedua calon legislatif (caleg) yang terlibat dalam kecurangan tersebut.

Indikasi kecurangan yang mencuat melibatkan ratusan surat suara atas nama caleg DPRD Provinsi dari Partai Demokrat, Nettylia Syukri, dan caleg DPRD Kota Bandar Lampung dari Partai PKS, Sidik Effendi. Oddy Martha JP, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Bandar Lampung, mengungkapkan bahwa keduanya berpotensi untuk didiskualifikasi jika terbukti terlibat dalam aksi kecurangan.

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung, Apriliwanda, menjelaskan bahwa proses penyelidikan masih berlangsung. Apriliwanda menyatakan bahwa Bawaslu akan memanggil saksi-saksi lain yang mengetahui terjadinya kecurangan tersebut untuk mengumpulkan bukti yang kuat.

Sementara pada Pemungutan Suara Ulang yang dilakukan pada Minggu, 18 Februari, kedua caleg tersebut hanya mampu meraih 4 suara masing-masing. Hasil ini menunjukkan adanya potensi penolakan dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap integritas keduanya.

Polemik kecurangan ini semakin memanas, dan Laskar Lampung bersama masyarakat menuntut keadilan serta transparansi dalam menangani kasus ini. Tindakan tegas diharapkan menjadi pelajaran bagi calon-calon lain yang berupaya merusak demokrasi dan menjaga integritas pemilihan umum. (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *