Waketum SOKSI: Sepakat Rekonsiliasi Berjalan Alami dan Dilaksanakan Organ Partai Yang Bertugas | CAKRAWALA TV
24 Juni 2024

 

Jakarta – Wakil Ketua Umum SOKSI, Valentino Barus menyatakan sepakat dengan pernyataan Waketum Partai Gerindra, Habiburokhman yang mengkritisi keinginan Bamsoet untuk menggagas rekonsiliasi nasional.

 

Berbicara pada acara bertajuk “Tribute to Bang Akbar Tanjung” (19/5), Bamsoet menyampaikan “Kami… sedang menyiapkan sebuah gagasan rekonsiliasi nasional. Bagaimana kita mempertemukan dalam suatu forum diskusi yang hangat, bicara tentang bangsa dan negara antara 01, 02 dan 03 dalam waktu dekat ini.

 

Pernyataan ini sontak mendapat tanggapan dari Waketum Partai Gerindra Habiburokhman.

 

“Kapasitas beliau tidak pas untuk menginisiasi rekonsiliasi. Sebagai Ketua MPR, beliau tidak bisa begitu saja mengatasnamakan lembaga, sebagai pribadi beliau tidak bisa mewakili Partai Golkar karena bukan Ketua Umum” ucapnya.

 

Habiburokhman mengingatkan Bamsoet agar tidak menjadikan rekonsiliasi untuk cari panggung untuk kepentingan pribadi.

 

“Bambang Soesatyo baiknya jangan jadikan rekonsiliasi sebagai komoditas politik pribadi untuk sekedar cari panggung,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Selasa (21/5).

 

Ditemui terpisah, Wakil Ketua Umum SOKSI, Valentino Barus mengatakan sepakat dengan pernyataan Habiburokhman.

 

“ Kehendak untuk menggagas rekonsiliasi nasional dalam waktu dekat itu seolah menafikan, bahkan terkesan ngerecoki upaya serius yang tengah dilakukan oleh organ berkompeten yang ditugaskan partai,” kata Valentino Barus, Rabu [22/5/2024]

 

“ Padahal mereka ini tengah berupaya optimal menjalin komunikasi terkait persatuan nasional dalam kerangka menghadapi tantangan ke depan,” lanjutnya.

 

Menurut Valentino, selain terkesan hendak mengambil alih peran pihak berwenang di partai, pernyataan Bamsoet tidak proporsional dan tidak profesional.

 

“ Dalam posisinya sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar misalnya, Bamsoet hanyalah satu dari sebelas Wakil Ketua Umum. Pertanyaannya, apakah sikap yang hendak digagas itu sudah seijin Ketua Umum AH. Kalau belum, dapat dibayangkan betapa riuhnya suara partai apabila setiap Waketum berimprovisasi berkreatifitas menyikapi setiap masalah masyarakat bangsa,” ujarnya.

 

Valentino meyakini, sebagai mana dinyatakan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (10/4), bahwa upaya membangun komunikasi politik sedang dan masih terus berjalan secara positif.

 

“Kita dukung upaya setiap organ partai dalam membangun komunikasi, silaturahmi dan sinergitas demi terkonsolidasinya potensi optimal bangsa menghadapi berbagai tantangan ke depan,” pungkas Valentino.

 

[nug/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *