WW-F Bersama Komunitas Pemuda Lamsel Gelar Cleanup In Action #2 Di Pantai Kedu | CAKRAWALA TV
24 Juli 2024

www.Cakrawalatv.com

LAMPUNG SELATAN – Wawai Waste Foundation (WW-F) bersama Komunitas Pemuda Lampung Selatan gelar Cleanup in Action #2 di Pantai Kedu Warna Lampung Selatan (Lamsel), Minggu (25/12/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Pantai Kedu Warna Kelurahan Way Urang, Kalianda dihadiri Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Perwakilan DLH dan 9 komumitas Pemuda di Lamsel.

Adapun ke 9 komunitas pemuda yang ikut diantaranya, Komunitas Kita Pemuda, Komunitas Otak Kanan, Komunitas Ruang Peradaban, Mapasanda STIE Muhammadiyah Kalianda, Ikatan Alumni SMA Kebangsaan, IMM Lamsel, HMI Lamsel, dan PMII Lamsel dan Forum Anak Daerah (FAD) Lamsel.

Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak sekaligus penutup tahun 2022 yaitu Cleanup In Action #2 yang dilaksanakan tanggal 25 Desember 2022. Project kali ini diketuai oleh Rio Ramanda, di bawah Program Waste Ranger yang dipimpin oleh Fitri Puspitasari, S.T.

Cleanup In Action #2 melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Waste Ranger Academy, Community Gathering, Aksi Bersih-Bersih sekaligus Brand Audit yang bertemakan “Kelola Pariwisata Pantai Bebas Sampah” yang dihadiri dan disukseskan oleh 20 mahasiswa volunteer dari berbagai kampus.

Project Leader Cleanup In Action #2, Rio Ramanda menyampaikan beberapa poin penting, yaitu pertama Produsen menghentikan penjualan produk dalam kemasan sachet plastik Mulitilayer.

Kedua, Pemerintah Bertanggungjawab melakukan upaya pembersihan dan pengolahan sampah-sampah sachet kategori sampah residu di Perairan Indonesia, terutama pantai-pantai dan sungai-sungai di Lampung.

Kemusian ketiga, Mendorong penduduk Lampung untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai (Tas kresek, Air minum dalam kemasan botol, sedotan, Styrofoam dan sachet).

“Sesuai dengan tujuan Program Waste Ranger yaitu menciptakan wadah kerelawanan penggiat lingkungan dalam mengedukasi dan pemberdayaan agar terciptanya estafet pergerakan peduli lingkungan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Kemudian kata dia, selaras dengan kegiatan ini yang harapannya dapat menciptakan eco sustainable tourism. Tujuan ini mengikuti tujuan inti Yayasan Bina Lingkungan Lestari yang dikenal Wawai Waste Foundation. Yayasan ini dipimpin oleh Deni Andika Pratama, S.Ak. dan dibina serta diawasi oleh Lafran Habibi, S.T., M.T., Tedi Purwoko, S.T.P., S.H., dan Ahmad John Viktor, S.T., M.M.

Wakil Bupati Lamsel Pandu Kesuma Dewangsa S.IIP hadir dengan sangat ramah dan antusias. Beliau menyampaikan sambutannya pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi atas diselenggarakannya rangkaian kegiatan Clean Up In Action #2 yang diselenggarakan oleh Wawai Waste Foundation.

“Saya berharap dengan adanya rangkaian tersebut, dapat menjadikan kawasan Pantai di Lampung Selatan menjadi bersih dan dapat dijadikan sebagai wahana rekreasi pantai indah, serta melalui program Brand Audit Sampah dapat dijadikan sebagai upaya pengendalian dan pengelolaan sampah yang dihasilkan warga masyarakat agar lebih bermanfaat,” kata Pandu.

Selain itu, Wakil Bupati Kabupaten Lampung Selatan juga berharap dengan adanya rangkaian kegiatan Clean Up In Action #2 ini, dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya mengatasi persoalan pencemaran yang ada di wilayah pesisir dan laut yang telah menimbulkan berbagai persoalan yang kompleks, dan mengancam keanekaragaman kehidupan biota laut, serta kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

“Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan turut berperan penting mengerahkan armada untuk pengangkutan hasil sampah yang sudah terpilah,” tutup Pandu.

Untuk diketahui, dal kegitan tersebut seluruh komunitas sangat antusias mengikuti rangkaian acara dengan rasa peduli lingkungan yang tinggi. Komunitas yang memilah sampah terbanyak dijatuhkan kepada Mapasanda STIE Muhammadiyah Kalianda, dan mendapat doorprize dari Clean Area sebagai bentuk support pada acara ini. (Aan/Kurdi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *