Miris.!!!, Robohnya Rumah Janda Tua, Aliyah Dalam Kondisi Sakit | CAKRAWALA TV
21 Juli 2024

www.Cakrawalatv.com
Lampung Selatan,-Dramatis…!! Roboh nya Rumah janda Tua, Mas Aliyah (60) secra tiba tiba sempat membuat warga di lingkungan RT 03 Dusun 02 Desa Ketapang Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan terperanjat hebat..!!

Sungguh miris, datangnya musibah tersebut di tengah kondisi Aliyah (panggilan akrabnya) sedang menderita sakit. Bersyukur saat kejadian, nenek tua tersebut sedang dirawat di kediaman anaknya. Terang tetangga setempat kepada jurnalis.

Musibah tersebut sontak membuat RT setempat segera melapor ke Kades Ketapang Hamsin.

Dilokasi kejadian tampak Pendi selaku RT (03) , Kades Ketapang Hamsin dan Jajaran Polsek Penengahan yang di pimpin Binmas Aiptu Nurkholis telah berada di antara Puing puing rumah roboh tersebut bersam timnya.Tampak juga beberapa warga sekitar turut menyaksikan. Sabtu.(14/01/2023)

RT Pendi mengungkapkan kepada media, “Kejadiannya tadi sekitar Pukul 12 siang, pas Azan Dzuhur pak, untungnya tidak ada anak anak yang bermain di situ”. Ungkapnya

Di lokasi yang sama, Aiptu Nurkholis mewakili Kapolsek Penengahan Iptu Gobel kepada media  mengatakan, ” Memang Rumah Ibu Mas Aliyah ini sudah tidak layak, sudah puluhan tahun tidak pernah di rehab sama sekali, sehingga lapuk. Saya lihat di bagian dalam sudah sangat membahayakan,dindingnya retak retak semua. Intinya tak layak untuk di tempati.” tanggapnya

” Kita sudah himbau warga sekitar untuk tidak mendekat, untuk menjaga kemungkinan yang tidak kita inginkan. Rencana nya besok akan di gotong-royongkan menurunkan bagian atasnya bersama aparatur desa dan warga agar bebannya tidak terlalu berat, sambil nunggu siapa tau ada donatur yang tergerak untuk membantu.”ucapnya

Ia menambahkan, “Progres kedepannya mungkin akan di buatkan rumah yang sederhana namun layak untuk di tempati”.pungkas Aipda Nurkholis.

Dilokasi yang sama Kades Ketapang Hamsin mengatakan, atas musibah yang menimpa warganya itu untuk  bersabar terlebih dahulu.

“Kepada ibu Aliyah untuk bersabar sambil menunggu mudah mudahan ada secercah bantuan swadaya dari Masyarakat, khusus nya dari Pemerintah Daerah. Dan harapan kami kepada Pemerintah Daerah untuk segera turun melihat kondisi rumah Mas Aliyah ini untuk segera di bantu.” Ucap kades Hamsin

Tadi ibuk Mas Aliyah, lanjut Hamsin “sudah kita temui, besok Rencananya akan kita lakukan gotong royong menurunkan bagian atas rumah, karna sudah tidak layak, takutnya pas ada anak anak bermain, roboh  menimpa kan jadi fatal. Kita berharap perhatian Pemerintah Daerah untuk segera merespon cepat “.harap Hamsin.

Masih di tempat itu, Putri ibuk Aliyah Karmila Wati (35) mengungkapkan bahwa ia dan keluarga sudah berapa kali mengajukan bantuan, namun belum pernah mendapatkan bantuan.
Ia mengungkapkan bahwa bangunan rumah orang tuanya itu di bangun pada 2007 silam, sampai saat ini belum ada perehaban.

“Ini dindingnya sudah pada retak semua, yang parah liatnya dari dalam, namun berbahaya kalau masuk kedalam. Yang pasti kami berharap dengan pemerintah dan siapa pun donatur bisa tergerak hatinya membantu rumah orang tua kami ini”. harap Karmila dengan wajah sedih.

Mendapat informasi Rumah Roboh di Desa Ketapang, Ketua Organisasi Nasional Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Kabupaten Lampung Selatan angkat bicara.

Atas nama Organisasi Pospera Lampung Selatan, ia menghimbau dan mendorong instansi terkait dan Pemerintah Daerah bahkan para Donatur tanpa membedakan ‘warna’  untuk ber empati atas musibah yang menimpa warga jompo di Ketapang.

“Kami menghimbau kepada instansi terkait Kususnya Pemkab Lampung Selatan untuk segera merespon cepat, membangun (merehab) atas Robohnya rumah warga kita di Desa Ketapang. Dalam hal ini kami POSPERA Kabupaten Lampung Selatan akan turut serta mengawalnya”. Ujar Ketua Pospera Lamsel melalui Telpon Pribadinya

Terkait hal itu, pihak media telah  menyampaikan dan sekaligus mengkonfirmasi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan Martoni melalui pesan WhatsApp dan panggilan telpon pada(14/01) pukul 20.29 wib.

Namun sampai berita ini di lansir, belum ada informasi balik dari Pihak Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan respon apa yang akan di lakukan Dinsos Lamsel tersebut.(Adi/Kurdi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *