Berantas Stunting; Babinsa Kodim 0421/LS  Aktif Kawal Dampingi Warga Priksa Kesehatan di Posyandu Desa

👉www.Cakrawalatv.com

PESAWARAN,–Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di desa merupakan tempat pemeriksaan kesehatan baik dewasa sampai dengan Balita, masyarakat diberikan fasilitas pelayanan kesehatan agar warga masyarakat dapat memeriksa kesehatan dan mendapat layanan kesehatan pertama yang berada di tingkat kampung atau desa, kegiatan pelayanan kesehatan tersebut biasanya dilakukan setiap satu bulan sekali, dapat di lakukan perdusun dengan lokasi di postu (pos pembantu) maupun di posyandu desa, untuk kegiatan pemeriksaan pada balita meliputi penimbangan Balita, pemberian vitamin, dan pemeriksaan Ibu hamil.

Babinsa Koramil 02/Gedong Tataan dari jajaran Kodim 0421/Lampung Selatan Kopda Solihin terlihat aktif mendampingi warga melaksanakan kegiatan Posyandu yang bertempat di balai Desa Kebagusan, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Kamis,(19/10/2023). 

Kepada media mewakili Danramil 421-02/ Gdt Kapten Inf Sukandi, Kopda Solihin selaku Babinsa Desa Kebagusan mengatakan bahwa kegiatan Posyandu tidak hanya terkait imunisasi terhadap Balita, tetapi juga melaksanakan pemeriksaan perkembangan anak misal pengukuran tinggi dan penimbangan berat badan hingga pemberian vitamin dan makanan tambahan kepada balita tujuannya agar terhindar dari Stunting atau meminimalisir bahaya kekurangan gizi pada anak.

“Posyandu juga dimanfaatkan untuk memeriksa tumbuh kembang anak, seperti penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala dan lengan, serta untuk mendeteksi sejak dini adanya gejala kekurangan gizi (Stunting) di bawah usia Dua tahun pada anak,”ujarnya.

Kopda Solihin juga menyampaikan bahwa Balita yang mengikuti Posyandu tersebut mulai dari ibu Hamil, Bayi, hingga anak berusia bawah 5 tahun (Balita) dan wajib diupayakan oleh orang tuanya untuk hadir mengikuti kegiatan Posyandu baik di Balai Desa maupun di tingkat Dusunnya masing-masing.

“Posyandu ini berlaku hingga anak berusia 5 tahun, sebab jika tidak, dikhawatirkan tumbuh kembang anak serta pemenuhan gizinya tidak terpantau dengan baik, sehingga dapat menderita kekurangan gizi kronis (Stunting),”tandasnya.

Di tempat yang sama, Bidan Desa kebagusan menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga masyarakat yang telah hadir membawa putra putrinya untuk melaksanakan Posyandu,Kader Posyandu , tidak lupa juga kepada Pak Babinsa yang begitu antusias dan bersemangat, menghimbau dan mendampingi warga masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Posyandu.

“Terima kasih kepada warga yang telah hadir untuk memeriksakan putra putrinya, terima kasih pula kepada Pak Babinsa yang begitu aktif melaksanakan pendampingan, mendukung program pemerintah dalam menciptakan Balita yang sehat, demi tercapainya generasi penerus Bangsa yang unggul, semoga kedepan TNI terus bersinergi dan dapat membantu kami petugas lapangan sehingga dapat tercapai tujuan secara kualitatif tidak hanya kuantitatif saja,” harapnya. (Kurdi-Ctv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *