4 Informasi Penting dari Dirjen Nunuk & KemenPAN-RB, Kebijakan Baru

Dirjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani diapit dua guru P1 dari Lampung Selatan. Foto: Dokumentasi Guru P1 LamselĀ 

Ā šŸ‘‰www.Cakrawalatv.com

JAKARTA,-Sejumlah guru lulus passing grade (PG) tanpa formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 atau prioritas satu (P1) telah bertemu dengan pejabat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Senin (15/1/2024).

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan guru P1 tanpa formasi PPPK 2023 dengan Direktur Jenderal Guru Tenaga kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani dan Pelaksana Tugas Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB Aba Subagja, itu.

Vidio saat Perwakilan Guru P1 dari kab Lamsel, temui Bu Nunuk di jakarta.

Salah satunya ialah mengenai kejelasan regulasi pemerintah terkait rekrutmen ASN PPPK 2024 dan penuntasan guru P1 yang masih tersisa.

“Alhamdulillah pada pertemuan kemarin (Senin 15/1/2024), Lampung Selatan mengutus dua P1, yaitu S. Masitoh dan Nur Aisyah,” kata Ketua Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Lampung Selatan Fulkan kepada

Fulkan mengungkapkan ada empat hal penting yang disampaikan Dirjen Nunuk maupun Plt Deputi Aba Subagja, yaitu:

(1). Pemerintah pusat menekankan daerah agar mengusulkan formasi CPNS dan PPPK sesuai dengan kebutuhan daerah.

Sesuai amanat Presiden RI Joko Widodo untuk menghapuskan status honorer di Indonesia di tahun 2024.

(2). Tahun 2024 untuk penyelesaian sisa guru P1 terbagi tiga tahap.

Itu disesuaikan dengan kebutuhan ASN di daerah masing-masing.

Sisa Guru P1 Gelombang Terakhir Honorer jadi PPPK, Lulusan PPG Prajabatan pun Lega

Jika dalam satu tahap selesai, maka tidak harus dilaksanakan tiga tahap.

Jika dalam satu tahun ini daerah masih belum menuntaskan atau mengakomodasi guru P1, dikhawatirkan akan ada regulasi guru paruh waktu.

(3). Dalam waktu dekat ini KemenPAN-RB akan mengundang perwakilan setiap daerah dalam rakornas tentang pengajuan pengusulan formasi sesuai yang diharapkan oleh Presiden Jokowi.

(4). Dirjen GTK Nunuk Suryani akan berkunjung ke Lampung Selatan untukĀ  berkoordinasi dengan Pemkab Lamsel terkait penuntasan guru P1 yang masih menyisakan 604 orang.

“Semoga tahun ini semua P1 yang belum mendapatkan formasi di PPPK 2023 akan dituntaskan juga pada tahun ini,”pungkas Fulkan. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *